Sawo, Si kaya Serat

Sabtu, 28 April 2012


Sulit BAB (buang air besar) beberapa hari ini.? Makanlah sawo. Buah berwarna cokelat yang manis dan kaya kandungan air ini efektif untuk melancarkan pembuangan di tubuh. Menurut Bambang Hariyono, Sarjana Teknologi Pangan, sawo mengandung serat yang efektif mengikat kolesterol jahat dalam tubuh.

Konsumsi sawo melalui jus maupun dikunyah langsung memiliki manfaat yang sama. Dalam buku Health Secret of Kiwifruit disebutkan, sawo merupakan buah manis yang cukup mineral, vitamin, karbohidrat, dan serat pangan alami. ’’Karena itu sawo banyak mengandung enzim yang bisa mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh,” kata Bambang. Mengonsumsi sawo secara rutin bukan saja menjauhkan diri dari risiko sembelit dan diare, tapi juga mencegah terjadinya kanker usus besar.

Bila dibanding buah-buahan lain, sawo mengandung kalium lebih tinggi dari natriumnya. Perbandingannya 16:1. Tubuh membutuhkan kalium untuk menstabilkan tekanan darah. Saat tekanan darah lancar dan teratur, denyut jantung ikut stabil. Bukan saja daging buahnya, daun dan batang sawo ternyata mengandung senyawa organik seperti falvonoida, saponin dan tanin yang baik untuk membantu mengatasi radang mulut, diare, dan disentri.

Untuk mengatasi diare misalnya, ambil satu buah sawo muda, cuci sampai bersih, lalu kupas, dan parut. Setelah itu peras parutan sawo dan saring. Tambahkan air matang dan minum dua kali per hari. Bila ingin mengonsumsinya sebagai menu pembuka, pilih sawo matang, dengan tekstur daging yang lunak dan mengeluarkan aroma harum.

0 komentar:

Posting Komentar