Rimpang Cegah Kanker Serviks

Sabtu, 28 April 2012


Menurut International Agency For Research on Cancer pada 2004, setiap hari 20 wanita Indonesia meninggal karena kanker serviks. Beragam upaya dilakukan untuk mencegah munculnya sel kanker di tubuh. Mulai dari mengubah pola makan hingga mengonsumsi aneka rimpang atau tanaman akar seperti jahe, kunyit, dan kunir.

Menurut dr Mangestuti Agil MSc, jenis rimpang yang berwarna kuning dan merah mengandung antioksidan terbaik sebagai pencegah kanker. Bila umumnya masyarakat hanya mengenal vitamin E dan jenis karetenoid sebagai antioksidan, maka antioksidan dalam jahe seperti gingerol, shogaol, dan zingeron, adalah pemilik antioksidan tertinggi dibanding vitamin E.

Komponen bioaktif pangan yang memiliki sifat antioksidan bekerja menghancurkan dan menghambat reaksi radikal bebas, menghambat penuaan kulit, menghambat oksidasi kolesterol LDL, melindungi fungsi otak, memperbaiki sistem imun tubuh, serta mencegah penyakit jantung dan diabetes melitus.

Adapun jenis rimpang yang tinggi antioksidan pencegah kanker seperti jahe, kunyit dengan kandungan kurkuminnya, dan bawang dengan kandungan kaemferol.

0 komentar:

Posting Komentar